Gaya Baru Huruf Jepang

18 02 2008

Adalah sebuah kelompok yang cukup menarik dan anggota mereka kebanyakan merupakan para kreator muda berasal dari Tokyo, dikenal dengan nama: Dainippon Type Organization. Mereka memecah aksara Jepang yaitu Katakana, Hiragana dan Kanji ke dalam bentuk potongan-potongan lalu disusun lagi bagian-perbagian dan menghasilkan karakter yang baru.

Hiragana

Hiragana a-i-u-e-o, ada lebih dari 40 macam karakter Katakana

Katakana a-i-u-e-o, juga terdapat lebih dari 40 karakter

Kanji

Kanji, terdapat ribuan karakter Kanji dan setiap karakter mewakili sebuah arti, dari kiri ke kanan: “mata, pohon, burung, tangan, gunung”

Sebagai sebuah Organisasi Khusus, spesialisasi mereka adalah mengelola sebuah unit typography dan banyak melakukan proses desain yang bersifat percobaan. Organisasi ini didirikan oleh dua orang desainer, Tetsuya Tsukada dan Hidechika pada tahun 1993.

Anda mungkin tidak terlalu asing dengan aksara Jepang walau tidak dapat membacanya. Namun akan menjadi suatu hal yang menarik ketika memperhatikan karakter typography-nya berubah menjadi karakter baru yang pintar dan jenaka serta memiliki pesan yang dimaksud oleh karakter tersebut. Sekarang, dengan mengenal Dainippon Organization kita mendapatkan suatu pelajaran dalam konteks baru semiotika aksara Jepang.

Tetsuya Tsukada Hidechika

Tetsuya Tsukada dan Hidechika

Karakter Tetsuya Tsukada Karakter Hidechika

Perhatikan dibawah photo Tetsuya Tsukada, sebuah karakter yang ditampilkan pada kartu nama miliknya merupakan karakter yang terdiri dari aksara Hiragana, tersusun mulai mata, hidung dan mulut. Mata kanan dan hidung dibaca “Te”, mata kiri “Tsu”, dan mulut “Ya”. Begitu pula pada bagian mata, hidung dan mulut dari karakter Hidechika.


AddThis Social Bookmark Button


Actions

Information

13 responses

29 09 2007
rara

ii weblog desune….ganbatte !!!

4 10 2007
agesvisual

Dear Rara…

Arigato gozaimasu…!

4 10 2007
Maula

Blognya bapak nggak bakalan bikin goBLOG…isinya emang agak berat sih tuk saya yang baru masuk ke dunia ini…Ternyata kayak gini toh…mohon bimbingannya pak…
Terus perbaruin nih blog ya pak…

8 10 2007
agesvisual

Dear Maula…

Terimakasih atas responnya…
Kuncinya cuman satu…banyak belajar!
Yakinlah, hal ini membuat anda suatu ketika bakal menjadi lebih hebat di dunia desain grafis…oya banyak “membaca” ya!

15 10 2007
Fika Tri Mujiani

Assalamualaikum, OSH!
Wah… artikelnya bagus banget nih Pak. Kalo potongan aksara-aksara itu bisa membentuk karakter yang baru, jangan-jangan aksara Jawa dan Sunda bisa juga…Fika salut dengan orang Jepang. Mereka bisa berpikir maju dan kreatif walaupun awalnya mereka cuma “pencontek sejati”. Aksaranya aja nyontek sama Cina, ilmu-ilmunya belajar dari orang Amerika dan Eropa. Tapi mereka bisa jadi murid yang melebihi guru-gurunya. Apa orang Indonesia bisa kayak gitu? tentu aja Bisa!…. Ayo dunk kita buktiin kalo kita bukan bangsa goblok dan bobrok…especially for graphic designer and the next graphic designer…Where’s u’r creativity?

30 10 2007
agesvisual

Dear Fika Tri Mujiani…

Ide menggunakan potongan aksara Jawa dan Sansekerta bagus juga tuh,…bagaimana kalo Fika nyoba-nyoba jadi typographer dengan ide tersebut…siapa tau bisa ikutan Dainippon Type Organization cabang Indonesia…

2 11 2007
Karin

Masss, yang mukanya Tetsuya huruf ‘ya’-nya aneh, ga keliatan kayak ‘ya’. Hehe…yang bikin bukan Mas Ages lagi riin…(ngomong sendiri). Kalo dipikir-pikir ini sebenernya mirip kayak gini ya:
http://img44151.pictiger.com/images/12945352/.
[Hehe...sori kalo ga bisa jadi link..:p]

13 02 2008
Ratna Famelya. A

Yang satu ini lain dari pada yang lain, imajinatif banget, saya sebenernya sudah pernah lihat model gambar wajah yang ada di artikel dan komik- komik Jepang, tapi saya tidak menyangka kalau yang membuat gaya baru huruf Jepang tersebut seorang desainer. Itu menandakan bahwa seorang desainer memiliki imajinasi tinggi dan mudah untuk seorang desainer mewujutkannya.

13 02 2008
Tri Ferroano S

Assalamualaikum…

Sebenarnya saya sangat tertarik dengan karakter typography, karena menurut saya memilki makna tersendiri. Tetapi saya masih kurang mengerti dengan dunia typography.Di Indonesia mungkin karakter typography tidak terlalu diperhatikan atau bahkan tidak sama sekali, padahal jika karakter typography berubah menjadi karakter typography yang baru, pasti sangat lebih menarik…

Melihat artikel ini saya jadi ingin ada Dainippon Type Organization yang di Indonesia, untuk berikutnya mungkin blog ini bisa memberikan artikel mengenai tipography dan perkembangannya di Indonesia.

14 02 2008
Nandayani

Assalamualaikum Wr.Wb

WoW… it is funtastic..
Sebenarnya aksara Jepang sudah saya pelajari sejak kelas 2 SMA. Tetapi setelah membaca artikel ini saya baru mengetahui bahwa aksara jepang dapat digunakan menjadi suatu bentuk animasi yang menarik.
Ketika saya mengerjakan tugas Desain, saya sangat tertarik dengan karakter typography. desainnya yang simple tapi memiliki makna yang menarik.
Tapi saya tertarik ingin mencoba membuat karakter dari aksara India.
Apakah saya bisa ya ???????……….

18 02 2008
Hendra

Hajimemashite..!!!!
Mazu wa, subarashi kangaekata desunee… demo tetsuya san no ho, sono hana wa motto motto mo se to niiteru sou desune…
gambaro..!!!!

10 04 2008
Iman

Assalamualaikum wr.wb
Wah bagus banget jadi tau banyak tentang huruf jepang ni

kebetulan saya juga baru belajar bahasa jepang jadi situs ini sangat membantu banget
Alhamdulillah banget deh malah banyak tugas cari huruf-huruf jepang lagi.

ya kalo bisa bikin menu untuk kamus bahasa jepangnya biar bisa lebih komplit lagi situsnya.

18 09 2008
Yuri

Salam Kenal…

Kreatif ya…

Izen kono youna e ha tada ‘ HE NO HE NO MO HE JI ‘ dake to omoimashitaga.
Hokano moji mo atte, bikkurishimashita. Iidesuyo..
E kara nihongo no moji o benkyoushitara oboeyasuikara, kakitaiyo.
Mada hokano e ga mada arimasuka.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: