DKV: Berkomunikasi Lewat Tanda (Visual)

17 08 2007
Keberadaan desain komunikasi visual sangat lekat dengan hidup dan kehidupan kita sehari-hari. Ia tak bisa lepas dari sejarah manusia. Karena ia merupakan salah satu usaha manusia untuk meningkatkan kualitas hidup.

Desain komunikasi visual sangat akrab dengan kehidupan manusia. Ia merupakan representasi sosial budaya masyarakat, dan salah satu manifestasi kebudayaan yang berwujud produk dari nilai-nilai yang berlaku pada waktu tertentu. Ia merupakan kebudayaan yang benar-benar dihayati, bukan kebudayaan dalam arti sekumpulan sisa bentuk, warna, dan gerak masa lalu yang kini dikagumi sebagai benda asing terlepas dari diri manusia yang mengamatinya.

Menurut Widagdo (1993:31) desain komunikasi visual dalam pengertian modern adalah desain yang dihasilkan dari rasionalitas. Dilandasi pengetahuan, bersifat rasional, dan pragmatis. Jagat desain komunikasi visual senantiasa dinamis, penuh gerak, dan perubahan. Hal itu karena peradaban dan ilmu pengetahuan modern memungkinkan lahirnya industrialisasi. Sebagai produk kebudayaan yang terkait dengan sistem sosial dan ekonomi, desain komunikasi visual juga berhadapan pada konsekuensi sebagai produk massal dan konsumsi massa.

Terkait dengan itu, T. Sutanto (2005:15-16) menyatakan, desain komunikasi visual senantiasa berhubungan dengan penampilan rupa yang dapat dicerap orang banyak dengan pikiran maupun perasaannya. Rupa yang mengandung pengertian atau makna, karakter serta suasana, yang mampu dipahami (diraba dan dirasakan) oleh khalayak umum atau terbatas. Dalam pandangan Sanyoto (2006:8) desain komunikasi visual memiliki pengertian secara menyeluruh, yaitu rancangan sarana komunikasi yang bersifat kasat mata.

Desain komunikasi visual adalah ilmu yang mempelajari konsep komunikasi dan ungkapan daya kreatif, yang diaplikasikan dalam berbagai media komunikasi visual dengan mengolah elemen desain grafis terdiri dari gambar (ilustrasi), huruf, warna, komposisi dan layout. Semuanya itu dilakukan guna menyampaikan pesan secara visual, audio, dan audio visual kepada target sasaran yang dituju. Desain komunikasi visual sebagai salah satu bagian dari seni terap yang mempelajari tentang perencanaan dan perancangan berbagai bentuk informasi komunikasi visual. Perjalanan kreatifnya diawali dari menemukenali permasalahan komunikasi visual, mencari data verbal dan visual, menyusun konsep kreatif yang berlandaskan pada karakteristik target sasaran, sampai dengan penentuan visualisasi final desain untuk mendukung tercapainya sebuah komunikasi verbal-visual yang fungsional, persuasif, artistik, estetis, dan komunikatif.

Artinya, menurut Sumbo Tinarbuko, desain komunikasi visual dapat dipahami sebagai salah satu upaya pemecahan masalah (komunikasi, atau komunikasi visual) untuk menghasilkan suatu desain yang paling baru di antara desain yang baru (Tinarbuko, 1998:66)

Istilah desain komunikasi visual, dalam bahasa gaul anak muda disebut dekave, digunakan untuk memperbaharui atau memperluas jangkauan cakupan ilmu dan wilayah kerja kreatif desain grafis. Di dalam ranah desain komunikasi visual ini dipelajari semua bentuk komunikasi yang bersifat komunikasi visual seperti desain grafis, desain iklan, desain multimedia interaktif.

Berkomunikasi Lewat Tanda (Visual) 1

Desain Grafis

Desain grafis dipelajari dalam konteks tataletak dan komposisi, bukan seni grafis murni. Area kerja kreatif desain grafis di antaranya: stationary kit atau sales kit: desain kartu nama, kop surat, amplop, map, bolpoint. Profil usaha, annual report, corporate identity yang terdiri logo dan trade mark berikut aplikasi penerapannya. Desain grafis lingkungan berupa sign system: papan petunjuk arah, papan nama dan infografis: chart, diagram, statistik, denah, dan peta lokasi. Desain grafis industri, sistem informasi pada jasa dan produk industri. Desain label, etiket, dan kemasan produk. Desain beragam produk percetakan dari mulai prepress sampai hasil cetakan akhir. Perencanaan dan perancangan pameran produk dan jasa industri. Grafis arsitektur berikut produk sign system. Desain perwajahan buku, koran, tabloid, majalah, dan jurnal. Desain sampul kaset, dan cover CD. Desain kalender, desain grafis pada kaos oblong, desain kartu pos, perangko, dan mata uang. Desain stiker, pin, cocard, id card, desain undangan, desain tiket dan karcis, desain sertifikat, dan ijasah. Desain huruf dan tipografi. Ilustrasi dan komik.

Desain Iklan

Desain iklan dipelajari dalam konteks desain, bukan komunikasi marketing dan penciptaan merek atau aktivitas branding. Desain iklan atau popular dengan sebutan advertising, ranah kreatifnya meliputi: kampanye iklan komersial dan perancangan iklan layanan masyarakat. Aplikasi perancangan dan perencanaan desain iklan komersial maupun iklan layanan masyarakat (nonkomersial) senantiasa melibatkan seluruh media periklanan yang meliputi: pertama, media iklan lini atas (above the line advertising), yakni: jenis-jenis iklan yang disosialisasikan menggunakan sarana media massa komunikasi audio visual. Misalnya surat kabar, majalah, tabloid, iklan radio, televisi, bioskop, internet, telepon seluler. Pada umumnya, biro iklan yang bersangkutan mendapat komisi karena pemasangan iklan tersebut, Kedua, media iklan lini bawah (below the line advertising), yaitu kegiatan periklanan yang disosialisasikan tidak menggunakan media massa cetak dan elektronik. Media yang digunakan berkisar pada printed ad: poster, brosur, leaflet, folder, flyer, katalog, dan merchandising: payung, mug, kaos, topi, dompet, pin, tas, kalender, buku agenda, bolpoint, gantungan kunci. Ketiga, new media: ambient media, guerillas advertising, theatrical advertising, adman.

Desain Multimedia Interaktif

Desain multimedia interaktif dipelajari dalam konteks tampilan dan pelengkap desain, bukan interaksi manusia dengan komputer. Animasi dipelajari dalam konteks penciptaan gerak yang menarik, bukan untuk bertutur dan bercerita. Cakupan wilayah kreatif desain multimedia interaktif diantaranya meliputi: animasi 3D, dan motion graphic, fotografi, sinetron, audio visual, program acara televisi, bumper out dan bumper in acara televisi, film dokumenter, film layar lebar, video klip, web desain, dan CD interaktif.

Dengan demikian, sejatinya konsentrasi utama desain komunikasi visual adalah desain grafis plus. Penampilan sehari-hari desain komunikasi visual hanya terdiri dari dua unsur utama: verbal (tulisan) dan visual (gambar tangan, fotografi, atau image olahan komputer grafis). Dalam konteks ini, menurut Andi S Boediman, penekanannya pada segi visual. Tetapi dalam perkembangannya agar desain grafis terlindung dalam bentangan payung desain komunikasi visual maka perlu dilengkapi dan ditunjang oleh beberapa bidang ilmu sosial yang bersifat wacana maupun praksis yang dirasakan cukup signifikan (Boediman, 2004).

Pencetus Ide Baru

Desain komunikasi visual, yang dalam bentuk kehadirannya seringkali perlu ditunjang dengan suara, menurut A.D. Pirous (1989), pada hakikatnya adalah suatu bahasa. Tugas utamanya adalah membawakan pesan dari seseorang, lembaga, atau kelompok masyarakat tertentu kepada orang lain. Sebagai bahasa, maka efektivitas penyampaian pesan tersebut menjadi pemikiran utama seorang desainer komunikasi visual. Untuk itu, seorang desainer haruslah, pertama, memahami betul seluk beluk bentuk pesan yang ingin disampaikan.

Dengan memahami bentuk pesan yang ingin disampaikan, maka seorang desainer akan dengan mudah ‘’mengendalikan’’ target sasaran untuk masuk ke dalam jejaring komunikasi visual yang ditawarkan oleh sang komunikator (desainer komunikasi visual). Sebab sejatinya, karya desain komunikasi visual mengandung dua bentuk pesan sekaligus, yaitu pesan verbal dan pesan visual. Tetapi dalam konteks desain komunikasi visual, bahasa visual mempunyai kesempatan untuk merobek konsentrasi target sasaran, karena pesannya lebih cepat dan sangat mudah dipahami oleh parapihak.

Kedua, mengetahui kemampuan menafsir serta kecenderungan kondisi fisik maupun psikis kelompok masyarakat yang menjadi sasaran.

Ketiga, harus dapat memilih jenis bahasa dan gaya bahasa yang serasi dengan pesan yang dibawakannya. Selain itu juga tepat untuk dibicarakan secara efektif, jelas, mudah, dan mengesankan bagi si penerima pesan.

Desain komunikasi visual, sebagai suatu sistem pemenuhan kebutuhan manusia di bidang informasi visual melalui simbol-simbol kasat mata, dewasa ini pengalami perkembangan sangat pesat. Hampir di segala sektor kegiatan manusia, simbol-simbol visual hadir dalam bentuk gambar, sistem tanda sampai display di berbagai pusat perbelanjaan dengan segala aneka daya tariknya.

Berkomunikasi Lewat Tanda (Visual) 2

Gambar merupakan salah satu wujud simbol atau bahasa visual yang di dalamnya terkandung struktur rupa seperti garis, warna dan komposisi. Ia dikelompokkan dalam kategori bahasa komunikasi nonverbal, dibedakan dengan bahasa verbal yang berwujud tulisan atau pun ucapan. Di dalam rancang grafis, yang kemudian berkembang menjadi desain komunikasi visual, banyak memanfaatkan daya dukung gambar sebagai simbol visual pesan guna mengefektifkan komunikasi. Upaya mendayagunakan simbol-simbol visual berangkat dari kenyataan bahwa bahasa visual memiliki karakteristik yang bersifat khas, bahkan istimewa, untuk menimbulkan efek tertentu pada pengamatnya. Hal demikian ada kalanya sulit dicapai bila diungkapkan dengan bahasa verbal.

Ditambahkan Umar Hadi (1998), bahwa sebagai bahasa, desain komunikasi visual adalah ungkapan ide dan pesan dari perancang kepada masyarakat yang dituju melalui simbol-simbol berwujud gambar, warna dan tulisan. Ia akan komunikatif apabila bahasa yang disampaikan itu dapat dimengerti oleh khalayak sasarannya. Ia juga akan berkesan apabila dalam penyajiannya tersebut terdapat suatu keunikan sehingga ia tampil secara istimewa, mudah dibedakan dengan lainnya. Maka, di dalam berkomunikasi, diperlukan sejumlah pengetahuan yang memadai seputar siapa target sasaran yang akan dituju, dan bagaimana cara sebaik-baiknya berkomunikasi dengan mereka. Semakin baik dan lengkap pemahaman kita terhadap hal-hal tersebut, maka akan semakin mudah untuk menciptakan bahasa visual yang komunikatif.

Desain modern merupakan keseluruhan proses pemikiran yang akan membentuk sesuatu, dengan menggabungkan fakta, konstruksi, fungsi, dan estetika. Desain adalah suatu konsep untuk memecahkan fenomena bentuk, bahan, teknik, rupa, pemakaian dan fungsi guna yang dinyatakan dalam bentuk dan gambar. Semuanya itu diabdikan untuk memenuhi kebutuhan manusia.

Dalam percepatan jagad yang kiat pesat dan akselerasi dunia komunikasi yang semakin dahsyat, mengakibatkan peran dan posisi desain komunikasi visual berikut desainernya mampu menempati singasana terhormat.

Dewasa ini, desain komunikasi visual merupakan suatu karya seni terap yang padat teknologi, mempunyai dampak sangat komprehensif kepada masyarakat sebagai khalayak sasaran. Mengapa? Karena keberadaannya mampu menginformasikan jasa dan produk baru kepada audience. Ia mempunyai kharisma kepada konsumen untuk diajak membeli dan menggunakan barang dan jasa yang ditawarkan kepadanya. Ia juga piawai merangsang khalayak untuk berpikir perihal sesuatu yang selama ini tidak pernah terpikirkan olehnya. Dengan demikian, ketika kita mengenal dan menggeluti desain komunikasi visual, maka kita seolah-olah menjadi malaikat pewarta kabar gembira kepada segenap manusia dalam bentuk komunikasi visual yang mencakup segala bidang kehidupan manusia, baik dengan target komersial maupun tujuan sosial.

Dalam hal bentuk atau visualisasinya, desain komunikasi visual berhadapan dengan sejumlah alat, teknik, bahan dan ketrampilan. Ungkapan yang baik, akan lebih bernilai apabila didukung dengan teknik yang baik, dan ditunjang kepiawaian dalam mewujudkannya. Seperangkat alat yang dimanfaatkan oleh desain komunikasi visual, antara lain adalah aspek visual yang meliputi bentuk ilustrasi, layout, warna serta aspek verbal yang terdiri dari teks dan tipografi (Jewler, dan Drewniany, 2001: 57).

Mitos desain komunikasi visual dan orang yang menggeluti profesi itu tidak semata-mata hanya seseorang yang jagoan ‘menyetir’ komputer grafis dengan segala program-programnya dan piawai membuat berbagai ilustrasi menggunakan rapido, pensil warna, cat poster, dan airbrush. Tetapi yang lebih hakiki, ia seorang perancang, pencetus, dan penemu ide pertama.

Agar mempunyai semangat sebagai seorang perancang yang selalu mencetuskan, menemukan ide-ide brilian dan selalu tampil dengan nuansa kebaruan (novelties), maka konsep pendidikan tinggi desain komunikasi visual harus senantiasa mengedepankan aktivitas proses belajar mengajar yang berfondasikan pada unsur kreativitas dan inovasi. Artinya, sebuah proses mental, tahapan berpikir yang mampu memunculkan ide-ide baru dan bila diaplikasikan secara praktis akan menghasilkan cara-cara yang lebih efisien.

Orang-orang kreatif dan inovatif biasanya berpikir secara konvergen dan divergen. Perkawinan dari dua konsep pemikiran tersebut akan menghasilkan berbagai fantasi dan imajinasi dahsyat, yang keberadaannya sangat berguna untuk melahirkan berbagai macam ide pada karya desain komunikasi visual yang bermutu, menarik, unik, komunikatif, dan persuasif.

Parameter keberhasilan sebuah proses kreatif dan inovatif di lingkungan pendidikan tinggi desain komunikasi visual bisa terlihat manakala para peserta didik mempunyai kepekaan yang tinggi terhadap pemecahan masalah komunikasi (verbal dan visual), lancar dan orisinal dalam berpikir kreatif, fleksibel, dan konseptual, cepat mendefinisikan dan mengelaborasi berbagai macam persoalan yang sangat dibutuhkan dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat disegala bidang.

Ketika proses kreatif dan inovatif itu sudah menancap di benak peserta didik sebagai sebuah ideologi, maka keberadaannya diharapkan bisa menjadi agen perubahan dan pioner pembaruan dalam mencetuskan dan menghasilkan berbagai macam ide yang dituangkan pada karya desain grafis yang kampiun.

Selain itu, profesi desainer komunikasi visual menjadi bagian dari mata rantai sebuah penelitian sosial. Desainer komunikasi visual, sebelum berkarya haruslah melakukan berbagai kajian dengan pendekatan lintas ilmu. Penggembaraan kreatifnya diawali dari menemukenali permasalahan komunikasi visual, mencari data verbal dan visual, menyusun konsep kreatif yang berlandaskan pada karakteristik target sasaran, sampai dengan penentuan visualisasi final desain untuk mendukung tercapainya sebuah komunikasi verbal-visual yang fungsional, persuasif, artistik, estetis, dan komunikatif. Hal itu dilakukan untuk lebih memfokuskan lubang bidik karya desain komunikasi visual.

Daftar Pustaka

Hadi, Umar. 1998. ‘’Memahami Desain Grafis’’. Katalog Pameran Desain Grafis, LPK Visi Yogyakarta.

Jewler, A. Jerome., dan Drewniany Bonnie, L. 2001. Creative Strategy in Advertising. USA: Wadsworth Thomson Learning, 10 Davis Drive Belmont.

Pirous, AD. 1989. ‘’Desain Grafis pada Kemasan’’. Makalah Simposium Desain Grafis, FSRD ISI Yogyakarta.

Sanyoto, Sadjiman Ebdi. 2006. Metode Perancangan Komunikasi Visual Periklanan. Yogyakarta: Dimensi Press.

Sumaryono, E. 1995. Hermeneutik Sebuah Metode Filsafat. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.

Sutanto, T. 2005. ‘’Sekitar Dunia Desain Grafis/Komunikasi Visual’’. Pura-pura Jurnal DKV ITB Bandung. 2/Juli. 15-16.

Tinarbuko, Sumbo. 1998. ‘’Memahami Tanda, Kode, dan Makna Iklan Layanan Masyarakat’’. Tesis. Bandung: ITB

Widagdo. 1993. ‘’Desain, Teori, dan Praktek’’. Seni Jurnal Pengetahuan dan Penciptaan Seni. BP ISI Yogyakarta III/03.

Sumber: Sumbo Tinarbuko-Konsultan Desain, Dosen Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni Rupa dan Program Pascasarjana ISI Yogyakarta.

AddThis Social Bookmark Button


Actions

Information

19 responses

11 02 2008
D.O.Y Broto Soekotjo Lithografi

Ga rugi deh bayar 5 ribu buat ke warnet untuk baca ini…karena ilmu yang di dapatkan jauh lebih mahal…

Dalam artikel diatas ini saya baca pada paragraf ke 5, “Semuanya itu (gambar, huruf, warna, komposisi dan layout) dilakukan guna menyampaikan pesan secara visual, audio, dan audio visual pada target sasaran yang di tuju”.

Pertanyaannya adalah:

1. Apakah DKV itu di sampaikan dengan visual? Jawab: Ya, tentu!
2. Apakah DKV itu di sampaikan dengan audio?
3. Apakah DKV itu di sampaikan dengan audio visual?

Ada lagi nih..
DKV itu diantaranya ada Desain Grafis, Desain Iklan, dan Desain Multimedia Interaktif.

Pada cakupan wilayah kerja kreatif, Design Multimedia Interaktif diantaranya animasi 3D, Fotografi, Sinetron, Audio Visual, Web Design dan CD interaktif..
Pertanyaannya adalah:

1. Apakah Sinetron, Audio Visual termasuk dalam DKV juga? Sedangkan DKV hanya terdiri dari 2 unsur, Verbal dan Visual
2. Kira-kira nanti ada kemungkinan ga ya?…di institusi program DKAV (Design Komunikasi Audio Visual)?

Terima Kasih…

12 02 2008
Nur Aisyah Astuti

Assalamukum Wr.Wb

Dalam perkembangan dunia desain grafis yang semakin maju desain komunikasi visual berpengaruh penting dalam pemenuhan kebutuhan manusia di bidang informasi visual melalui simbol-simbol yang dapat diserap dengan panca indra dan perasaan. Mendesain sebuah media komunikasi sangat bermanfaat pada zaman ini, karena sangat mudah diserap oleh kalangan masyarakat. Wacana ini setidaknnya dapat memberikan informasi dan inspirasi bagi para desainer grafis ketika menciptakan karya-karya desain yang memiliki banyak arti dan pesan yang tersirat di dalamnya.

Wassalamu alaikum Wr.Wb

13 02 2008
Kharis Utami

Artikel ini membuat saya dapat lebih memahami lagi bahwa dunia desain itu tidak sekedar diapresiasikan lewat tampilan grafis/visual saja melainkan dapat ditampilkan melalui media yang beragam dan semakin berkembang. Terima Kasih.

13 02 2008
Endah Cendrakasih H

Desain ternyata dapat di buat tidak hanya sebatas dunia percetakan saja melainkan dapat di kembangkan melalui berbagai media yang dapat kita apresiasikan lebih menarik sehingga tampilan desain tersebut mempunyai harga jual yang tinggi.

13 02 2008
Hasto Bawono

Setelah saya membaca artikel tersebut pikiran saya berkembang bahwa dunia desain grafis tidak hanya cetak dan mencetak saja tetapi mencakup multimedia. Sehingga mempunyai cakupan yang sangat luas dan saat ini merupakan bidang yang sangat dibutuhkan di mana saja juga dapat menghasilkan materi sangat tinggi.

13 02 2008
Slamet Riyadi

Assalamu’alaikum…..

artikel ini membuat saya lebih memahami tentang tugas dari seorang Desainer Grafis bahwa seorang Desainer Grafis itu tidak sembarangan dalam membuat sebuah karyanya. tetapi Desainer Grafis itu juga harus mengetahui seluk beluk pesan yang ingin disampaikan, mengetahui kondisi fisik kelompok masyarakat yang menjadi sasaran, dan harus mengetahui jenis bahasa dan gaya bahasa yang digunakan sesuai dengan ilustrasi yang dibuatnya. jika ketiga unsur tersebut telah terpenuhi maka saya yakin hasil karyannya akan dapat diterima oleh khalayak umum. dan saya semakin yakin kalau saya bisa menjadi seorang Desainer Grafis……

13 02 2008
Maulia Petriyan

Merujuk pada pengertian DKV yg sebenarnya, mungkin masih banyak paradigma yg salah di masyarakat selama ini yang beranggapan bahwa desain grafis itu merupakan DKV. Meskipun begitu diperlukan proses pemahaman bertahap untuk mewujudkan DKV sebagai suatu wacana umum yg dimengerti semua lapisan masyarakat.

DKV sendiri dalam penerapannya bersifat comprehensif atau memiliki cakupan yg sangat luas, tidak hanya terbatas kepada beberapa media komunikasi saja, melainkan media-media baru yg muncul lewat ide-ide yang baru pula. Oleh karena itu DKV akan terus berkembang selama proses kreatif dan inovatif masih tertanam dalam benak manusia sebagai sebuah ideologi.

13 02 2008
Tri Ferroano S

DKV mungkin sangat erat kaitannya dengan kreatifitas seseorang dalam menyampaikan informasi atau berkomunikasi secara visual. Dan melalui berbagai media kreatif mereka menjual karya-karyanya. Artikel ini sangat membuat saya mengerti bahwa dunia kreatif itu sangat luas dan sangat menarik untuk dipelajari.

14 02 2008
Zaky Drajat

DKV merupakan salah satu dari bentuk penerapan cara seseorang atau designer untuk berkomunikasi. DKV sendiri memiliki minimal memiliki 3 unsur yang diperlukan dalam proses komunikasi agar dapat berlangsung yaitu:

1. Adanya sumber
2. Pesan yang terkandung didalam design
3. Sasaran atau adanya pihak yang menerima pesan.

Dengan adanya unsur-unsur ini diharapkan bahwa suatu hasil design yang bersifat komunikatif dapat tersampaikan dengan baik, dan tidak terjadinya kesalahpahaman dalam menilai atau menangkap pesan dari design itu sendiri.

14 02 2008
Roslina Dwi Cahyani

Desain kominakasi Visual, suatu ilmu yang tidak pernah lepas dari apa itu desain grafis. Dengan perbedaan dari namanya, mungkin sudah terlihat bahwa DKV berbeda dengan Desain Grafis, Desain grafis mungkin hanya suatu pelajaran pada DKV, tetapi Desain grafis merupakan initi pokok dari pembelajaran DKV. Seorang desain grafis tidak hanya memikirkan bagaimana suatu pesan dapat tersampaikan, tetapi, bagaimana pesan itu dapat tersampaikan dengan visualisaasi yang indah dan menarik.

Perkembangan DKV ataaupun Desain grafis harus melalui perkembangan-perkembangan yang tidak sebentar. bahkan untuk menegrti dari arti itu sendiri kita tidak bisa berpaku pada satu sumber saja. Pembelajaran akan Desain grafis tentunya menjadi suatu masalah yang rumit, tetapi dengan ide, kreatifitas dan inovasi semuanya kan mengalir dan berjalan dengan lancar.

14 02 2008
Dewi Ratih

Dekave ternyata adalah pengembangan dari sebuah konsep desain yang bermacam-macam seperti yang telah disebutkan di atas, terdiri dari desain grafis, desain iklan, dan desain multimedia interaktif.

Dalam hal penyampaian maksud dan tujuan, masyarakat dekave lebih unggul karena bidang yang digeluti mereka lebih mudah untuk dicerna masyarakat, karena memakai sebuah visualisasi yang bergerak. Mungkin kedepannya tidak hanya desain komunikasi visual saja, tetapi menjadi Desain Komunikasi audio visual, agar lebih menarik…

14 02 2008
Reiny Tunianizar Sukaton

Muncul banyak pendapat dimasyarakat bahwa DKV dan Desain Grafis adalah sama. Tetapi setelah membaca artikel bapak mungkin akan muncul pendapat yang akan berlawanan dengan pendapat yang menyatakan bahwa “DKV dan Desain Grafis adalah sama” menjadi DKV dan Desain Grafis mempunyai kesamaan tetapi tidak dapat dikatakan sama”.

Bagi saya sendiri, saya menjadi lebih mengerti bahwa DKV tersebut cakupannya lebih luas. Terbukti dengan penerapan diberbagai media-media baru. Dan saya sebagai mahasiswi desain grafis ingin mengembangkan kemampuan saya, yang tidak hanya terpatok oleh sistem pembelajaran. Tetapi menambah kemampuan yang salah satunya dapat diambil dari artikel-artikel yang bapak tulis.

Terimakasih

15 02 2008
Aryo Dimas Kurniawan

DKV saat ini sudah sangat mengglobal dan marak ada di sekeliling kita,karena dalam kehidupan ini tidak lepas dari suatu desain.DKV bagi saya cukup mengesankan dan menyenangkan,mengapa demikian karena dalam DKV saya dapat mempelajari cara membuat suatu desain dan dalam desain tersebut aya dapat menyampaikan suatu maksud dengan tanda, simbol atupun desain gambar yang dibuat terperinci.

Artikel ini benar-benar menambah wawasan saya dalam membuat ataupun merancang suatu desain meski belum terbilang sebagai konseptor namun dengan mencoba saya dapat menjadi lebih mengerti, dan ditambah lagi dengan adanya tips yang anda berikan. Seperti konsep desain yang telah disebutkan sebelumnya seperti desain grafis, desain iklan dan desain multimedia interaktif, bahwa desain tersebut pastinya juga memiliki suatu maksud dan tujuan yang hendak disampaikan, baik secara langsung maupun yang tersirat.

Dalam DKV sepertinya aspek yang ditawarkan juga lebih lengkap sehingga DKV lebih memiliki intensitas nilai lebih tinggi dalam dunia desain. Dengan adanya tips yang banyak tertera bukan tidak mungkin, orang yang kurang bergelut dalam bidang DKV pun dapat mengerti atau merancang suatu desain, bahkan bukan mustahil bisa menjadi seorang konseptor yang handal, dengan berbekal basic dengan berbagai artikel tutorial ataupun tips-tips yang didapat.

5 08 2008
Ali M

Apapun itu, yang pasti, desain bermuara pada estetika dan estetika bermuara pada kita (human) sebagai subyek pembuat maupun penikmat…

2 03 2009
Aya

Ho..ho..!!
Aq dapet ilmu nya…!!
Keren dech…!!
Gak sia-sia buka ni web..

2 03 2009
agesvisual

Dear Aya…

Syukur kalo manfaat…jangan lupa juga terima kasih juga buat Pak Sumbo…:D

12 03 2009
pinsiltempur

Thanks atas infonya Boss…sekali lagi terima kasih…mantap-mantap!

9 09 2009
Nitajul

Bagus…
Lumayan dapat jawaban buat tugas TIK…hehehehehehe

22 09 2009
Teuku Ahmad

Anak-anak DKV jaman sekarang makin edan euyyyy…maju terus Brother!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: