Walt Disney

13 01 2008
Disney Portrait

Walt Disney atau dikenal dengan nama aslinya Walter Elias Disney lahir di Chicago, Illinois, 5 Desember 1901. Ayahnya, Elias Disney adalah seorang Irlandia–Canada. Ibunya Flora Call Disney, seorang Amerika keturunan Jerman. Walt adalah seorang anak dari lima bersaudara, empat lelaki dan satu perempuan. Dia adalah kreator yang menciptakan Mickey Mouse dan pendiri Disneyland serta Walt Disney World.

Dalam kariernya selama 43 tahun di Hollywood, dimana dia melakukan pengembangan media gambar gerak (motion picture) setahap demi setahap dan menjadikannya sebagai karya seni Amerika, Walt Disney, sang pendongeng modern, memantapkan dirinya dan produk yang diciptakannya sebagai bagian dari budaya asli Amerika.

David Low, seorang kartunis politik dari Inggris menyebut Disney sebagai “the most significant figure in graphic arts since Leonardo DaVinci.” Seorang pionir, inovator, dan penjaga kualitas bagi berkembangnya imajinasi-imajinasi diseluruh dunia.

Walt Disney, bersama para staff-nya, menerima lebih dari 950 penghargaan dan citation dari berbagai Negara, termasuk didalamnya 48 Academy Award dan 7 Emmy selama hidupnya. Walt, sendiri secara pribadi menerima banyak penghargaan termasuk didalamnya penghargaan akademis dari Harvard, Yale, the University of Southern California dan UCLA; the Presidential Medal of Freedom; France’s Legion of Honor dan Officer d’Academie decorations; Thailand’s Order of the Crown; Brazil’s Order of the Southern Cross; Mexico’s Order of the Aztec Eagle; dan penghargaan the Showman of the World Award dari the National Association of Theatre Owners.

Dibesarkan di sebuah pertanian dekat Marceline, Missouri, Walt telah tertarik dengan menggambar sejak usia dini, pernah menjual sketsa pertama yang dibuat pada tetangganya ketika baru berusia tujuh tahun. Saat bersekolah di McKinley High School di Chicago, Walt menyalurkan perhatiannya pada photography dan menggambar serta mengkontribusikan kedua kemampuannya untuk majalah sekolah. Walt berharap akan melanjutkan kuliah di sebuah Akademi Seni Rupa.

Pada tahun 1918, Walt mendaftarkan dirinya menjadi sukarelawan militer. Ditolak, sebab dia masih berusia 16 tahun. Akhirnya Walt bergabung dengan Palang Merah dan mengantar dirinya berkeliling dunia. Walt mengendarai sebuah ambulance palang merah, pada bagian perbagian body ambulance-nya dihiasi dengan gambar dan kartun bukan dengan loreng kamuflase perang.

AddThis Social Bookmark Button


Actions

Information

24 responses

13 02 2008
Ansar Muhammad

Di dalam pikiran saya tak bisa terbayang bagaimana seorang pionir, inovator atau sebut saja Walter Elias Disney bisa menciptakan media gambar gerak (motion picture) pada jamannya. Dengan segala keterbatasan teknologi, goncangan mental dalam menghadapi guncangan perang dunia dan kurangnya daya pikir manusia waktu. Namun Walt Disney, dengan konsep kreativitasnya bisa menciptakan gambar gerak berupa Mickey Mouse yang kita kenal sekarang. Mendapatkan 950 penghargaan dan citation dari berbagai Negara. Hal ini perlu menjadi sebuah cermin bagi kita (Desainer Grafis) untuk bisa menciptakan karya-karya yang lebih bermutu! Apalagi pada saat Sekarang IPTEK berkembang lebih pesat di bandingkan Era Walt Disney. Insya Allah, kita semua bisa menjadi kreator kreator berikutnya…Amin.

13 02 2008
Ratna Famelya. A

Pengalaman hidup yang begitu rumit dan anak-anak muda yang memiliki bakat dibidang-bidang tersebut saat ini tentunya mereka sudah tidak terlalu sulit lagi untuk mengasah bakat mereka karena mereka telah terbantu oleh teknologi maju. Dan saya harap suatu hari nanti saya bisa menjadi motifasi bagi orang lain seperti Walt Disney.

13 02 2008
Anne Rufaidah Nuran

Assalamualaikum wr.wb

Pendiri Disney Land serta Walt Disney World menjalani karirnya setahap demi setahap. Ternyata keterbatasan teknologi pada zamannya tidak membuatnya mundur dan bisa membuat suatu karya yang fantastis dan mengagumkan. Setidaknya perjalanan karir dari seorang pionir dan inovator seperti Walter Elias Disney bisa menjadi cermin bagi kita (seorang mahasiswa desain grafis).

Wassalamualaikum wr.wb

13 02 2008
Yulia Ismawati

Wow…funtastic!!! Benar-benar karya yang luar biasa.
Hal ini bisa menjadi motivator bagi kita untuk bisa menghaslkan karya-karya yang luar biasa. Kebetulan saya adalah salah satu pengagum DISNEY. Walt adalah salah satu orang yang menpunyai kreativitas tinggi, telah terbukti dari karya-karyanya yang mendapat banyak penghargaan.

“Percaya pada kemampuan diri dan kembangkanlah kreativitas!”

13 02 2008
Shabrina Adlina'arifah K

Saya sebagai pecinta seni dan memang dibesarkan dengan seni, sangat menyukai karya-karya Walt Disney. Beliau adalah seorang komikus dan seniman yang pertama kali memacu kreatifitas berseni dalam diri saya.

Saya mengenal tokoh Walt Disney karena saya memiliki beberapa buku yang berkaitan dengan Walt Disney, yang menceritakan masa kecilnya, seperti yang anda tulis pada blog anda ini. Saya ingin menambahkan, Walt Disney pernah menjual sketsa pertamanya yang diminta oleh tetangganya (seorang Dokter) ketika baru berusia tujuh tahun dengan menggambar sketsa kuda milik Dokter itu. Banyak hal-hal susah-sulit yang dilalui oleh Walt Disney sebelum masa jaya-nya. Beliau juga pernah beberapa kali dipecat dari kantor-kantor tempatnya bekerja.

Walter Elias Disney menciptakan tokoh-tokoh kartun yang sangat imajinatif. Saya berharap saya dapat menjadi seorang yang memiliki kreatifitas tinggi seperti yang ia miliki. Saya juga berharap dapat menjadi kreator animasi handal seperti beliau. Amin..

13 02 2008
agesvisual

Dear Shabrina Adlina’arifah K…

Wow…bagus itu, kalau sudah punya referensinya. Bisa sharing buku ga ya?…

13 02 2008
Indra Atmana

Assalamualaikum wr.wb

Waah Mr. Disney memang orang yang sangat hebat! Seandainya saja dia orang Indonesia ya, pasti sekarang Indonesia sudah jadi negara pembuat animasi yang sangat keren..hahaha. Walaupun kenyataanya tidak demikian tapi saya jadi termotivasi untuk mengekplorasi lebih dalam lagi soal animasi.

Ooh…Jadi dia orang pertama yang menciptakan konsep motion capture, kalau tidak ada dia mungkin sekarang tidak ada movie dengan spesial efek fantastis seperti TRANSFORMER atau The MATRIX.

Sampai sekarangpun saya juga berusaha belajar lebih jauh lagi tentang animasi supaya suatu saat nanti mungkin saja saya bisa melahirkan konsep atau karya-karya yang tak kalah hebat dengan Mr.Disney…hehehe. Sebagai warga Indonesia saya berharap kita-kita ini, kaum generasi muda dapat berkreasi membangun animasi di negeri kita tercinta ini. Jayakan animasi Indonesia ini! Ganbatte yoo!

13 02 2008
Firdaus Muttaqien

Assalammualaikum wr.wb.

Sungguh luar biasa orang itu ya! Tidak pernah patah semangat, selalu optimis meraih apa yang dia inginkan. Menciptakan ide kreatif yang bisa dijadikan budaya bagi negaranya sungguh suatu hal yang sangat membanggakan. Karyanya tak pernah mati suri karena selalu dinikmati bagi tiap generasi.

Patut “dicontek”…eh!…”dicontoh” maksudnya, karyanya sangat imajinatif saya jadi termotivasi olehnya untuk terus berkarya, menciptakan sesuatu hal yang baru bukan hal yang mudah akan tetapi dengan kesungguhan dan kerendahan hati kami angkat kedua belah tangan dan kami tundukkan kepala…lho jadi doa nih!.

Intinya terus berpacu menciptakan karya-karya yang dapat dikenal dan dikenang oleh banyak orang. Amiiin….

Wassaammualaikum wr.wb.

13 02 2008
Benazir Nurazizah

Setelah membaca tulisan yang menyatakan bahwa Walt Disney “the most significant figure in graphic arts since Leonardo DaVinci” dalam artikel ini, saya hanya bisa berkata…”Wow…iya ya…” setiap melihat sosok “Monalisa” dan “Perjamuan Terakhir” kita pasti akan langsung teringat dengan penciptanya yaitu Leonardo DaVinci.

Begitu juga dengan saat melihat sosok Donald Duck atau Mickey Mouse kita juga akan langsung teringat dengan Walt Disney sebagai kreator tokoh tersebut. Mereka (Disney Corp.) memang sangat pandai membuat figur-figur yang dapat dengan mudah lekat dalam ingatan kita. Dunia pun telah mengakui kehebatan Walt Disney, hal ini terlihat dari banyaknya buku-buku atau majalah yang selalu memasukan namanya kedalam daftar 100 orang paling berpengaruh di dunia.

Tapi apabila namanya disebandingkan dengan nama sekelas DaVinci, namanya memang hanya bisa dibandingkan dalam kepandaiannya bidang seni grafis. Karena sebenarnya Leonardo Davinci selain sebagai seorang seniman di abad Renaisance dia juga dikenal sebagai seorang ilmuwan yang memajukan ilmu anatomi, astronomi, dan teknik sipil.

Meskipun demikian Disney tetaplah seorang panutan. Karyanya disukai semua orang, bahkan sangat banyak orang yang begitu menggilai karyanya. Tidak hanya itu karya-karya Disney juga menjadi pemicu banyak animator untuk dapat berkarya lebih baik.

14 02 2008
Mega Ashtari

Walt Disney mewarnai dunia dengan animasinya. Hal itu memang tidak bisa dipungkiri, mungkin karena ilustrasinya dan kerja kerasnya. Saya juga pernah membaca, Walt Disney juga pernah bekerja sebagai penggambar gaya rambut pada seorang tukang pangkas. Kerja keras Walt Disney yang memilik senyum yang khas ini membuahkan hasil hingga menjadi legenda.

Animasi Disney memang dikatakan sebagai pionir animasi di seluruh dunia. Animasi Disney membuat gebrakan dengan tidak hanya menonjolkan gaya baru dalam membuat cerita yang difilmkan,mereka membuat narasi cerita yang menarik dan teratur, bahkan sempat mengungguli film-film Barat. Hal ini dapat dibuktikan dengan film perdana Donald Duck, The Wise Little Hen pada tahun 1934.

Menariknya, teknik animasi Disney pun berkembang pesat, apalagi akhir-akhir ini Disney kerap bergabung dengan Pixar dalam membuat animasi. Meskipun 3D, tapi ciri khas Disney masih terlihat dari penceritaannya yang ditujukan untuk keluarga serta character design-nya yang khas. Saya malah berharap Disney mau membuat cerita yang lebih berbobot namun tetap memiliki khasnya sebagai karya dari Disney.

14 02 2008
Hakim Indaruji

David Low, seorang kartunis politik dari Inggris menyebut Disney sebagai “the most significant figure in graphic arts since Leonardo DaVinci.”

Pernyataan ini tidaklah berlebihan, kalau kita melihat pencapaian yang luar biasa dari seorang Walt Elias Disney atau yang biasa kita kenal dengan nama Walt Disney. Seorang kreator animasi yang bisa dibilang luar biasa. Mungkin dia bisa dibilang “DEDENGKOT”nya animasi di Amerika.

Pernah saya mendengar juga, bahwa beliau sempat dibilang “Pemimpi” dalam usahanya mendirikan sebuah kota atau pulau yang berbasis animasi oleh beberapa orang (disneyLand). Namun karena obsesi dan idealismenya yang tinggi, dia berhasil mewujudkan mimpi tersebut menjadi realita. Mementahkan anggapan banyak yang sempat meragukan usahanya itu…

Jadi, bagi temen-temen semua yang punya impian dengan level yang “lumayan tinggi”, jangan pernah menyerah untuk mewujudkan mimpi kamu jadi kenyataan. Sudah banyak contohnya, orang-orang yang bisa mewujudkan mimpinya…Salah satunya, Walt Disney ini…

14 02 2008
M. Rifki Azis

Menariknya, teknik animasi Disney pun berkembang pesat, apalagi akhir-akhir ini Disney kerap bergabung dengan Pixar dalam membuat animasi. Meskipun 3D, tapi ciri khas Disney masih terlihat dari penceritaannya yang ditujukan untuk keluarga serta character design-nya yang khas. Saya malah berharap Disney mau membuat cerita yang lebih berbobot namun tetap memiliki khasnya sebagai karya dari Disney.

14 02 2008
roslina dwi cahyani

Walt Disney, suatu nama yang tak asing bagi pecinta kartun, mickey mouse seperti saya. Walt Disney dapat saya akui sebagai tokoh yang sangat berpengaruh bagi perkembangan animasi di dunia. Sebutlah Mickey Mouse atau Donald Duck, siapa yang tidak tahu dengan 2 tokoh imajinatif nan lucu ini, dari anak-anak hingga dewasa sudah mengenal atau setidaknya mengetahui tokoh imajinatif ini.
Anime-anime di Jepang pun berada dalam pengaruh animasi2 Walt Disney.
Penyampaian-penyampaian pesan moral untuk kalangan anak-anak oleh animasi Disney sangat berhasil.
Film pertama Mickey berjudul Steamboat Willie th 1928 di mana Walt Disney menggunakan suaranya sendiri, langsung sukses. Seekor tikus telah membalik nasibnya! Saya pikir, itulah kisah motivasi yang selalu dikenang oleh sejarah.
Setelah menjadi suatu perusahaan multimedia terbesar didunia, Disney pun membangun taman bermain ukuran raksasa yang bernama DineyLand, tempat dimana orang dapat menyaksikan keberadaan tokoh-tokoh imajinatif dari Disney.
Kesuksesannya tidak lepas dari sikap nya yang pekerja keras dan daya antusias yang tinggi.Semoga Disney bisa menularkan kesuksesannya kepada para pecintanya seperti saya…. Amien,,

14 02 2008
M Maula Nurudin A

Wah, saya sangat senang tentang bahasan Walt Disney, karena Walt Disney adalah salah satu Inspirasi saya dalam berseni, saya dari kecil Suuukkkaaaa Banget karya-karya dia.

Seperti ditulis Shabrina, memang Walt dulu pernah menjual gambar kuda punya dokter ke dokternya. Lalu pernah juga membuat lukisan orang-orang yang bertandang ke pencukur rambut langgananya, dan tiap walt kecil menyelesaikan gambar pelanggang tempat cukur itu, dia diberi gratis potong rambut. Pernah juga, saat “Laugh-O-Grams”(Perusahaan periklanan kecil buatannya) bangkrut, Walt remaja menjadi gembel dan terlunta-lunta selama beberapa hari, dan dia tidak punya uang untuk makan.

Lalu, akhirnya dengan 20 dollar dia pergi ke Hollywood untuk mencoba peruntungan baru.Namun, saat dia memasuki sebuah studio terkenal untuk melamar kerja di situ, walt malah diusir karena sudah tidak ada lowongan, dan karya walt tidak diterima. Dan mungkin saat ini, perusahaan itu sangat menyesal mengusir jenius animasi tersebut, karena saat ini, perusahaan Walt Disney adalah salah satu saingan terberat studio animasi yang mengusir Walt saat itu.

Pak Walt juga sangat baik hati, waktu dia mendirikan Disney Land dan selesai pada tahun 1955, sebelum diresmikannya Disney Land, Walt rela memberikan waktunya kepada seorang anak yang umurnya hanya sebentar lagi di dunia (karena sakit yang dulu belum ada obatnya) dengan cara menemani anak itu bermain di Disney Land, anak itu pasti sangat senang.

Saya sangat terkesan dengan karya-karya beliau, sangat-sangat terkesan, namun, kita sebagai seorang desainer grafis bukan hanya mengagumi karyanya saja, namun karakter dari Walt itu sendiri, itu lebih penting dari sebuah karya, karena karya yang ‘masterpiece’ terlahir dari jiwa-jiwa yang terpilih, dan jiwa itu bisa kita raih. Seperti Pak Walt yang baik hati, Tidak sombong, tidak pernah menyerah dengan keadaan, selalu berpikir kreatif, dermawan, mementingkan orang banyak, menjadikan hal kecil menjadi sebuah ide yang besar dan sangat berpengaruh dalam dunia animasi sekarang.

Mungkin, Pak Walt telah memberi banyak pelajaran kepada kita, bahwa seorang animator ataupun orang yang bergerak dalam bidang seni haruslah mempunyai manfaat terhadap orang banyak, dan untuk memberikan manfaat yang banyak itu kita tidak harus banyak beban ataupun stress, karena apa yang kita hasilkan itu (yang bermanfaat untuk orang banyak) adalah hobi kita juga, kita senang melakukannya, dan untungnya kita adalah orang-orang yang ada dalam bidang tersebut.

Jadi, Kita haruslah menjadi seorang desiner grafis yang tidak hanya bagus dalam berkarya tapi baik juga hatinya.

Selamat berkarya. Indonesia menanti mu kawan!

14 02 2008
Falah Haniif M

Walt disney merupakan salah satu tokoh yuang paling berpengaruh dalam bidang animasi dan kartun Amerika. Saya sangat salut banget sama dia, bayangin saja hal-hal yang tidak nyata kaya Mickey mouse and Disneyland, yang gak pernah kepikiran dalam pikiran manusia bisa dia visualisasikan dengan nyata pada zaman itu. Tidak heran deh kalau banyak penghargaan buat dia, dia merupakan sosok yang patut kita contoh dalam meraih prestasi dan impian. Padahal dia hanya seorang anak yang dibesarkan dalam pdesaan dan pertaniaan. Mungkin dia bisa masuk nominasi Bapak Revolusi Kartun Amerka…

15 02 2008
Aulia Fajri

Kehidupan keluarga Disney berpindah dari satu kota ke kota lain, karena Elias Disney, yang sebenarnya terpesona oleh dunia bisnis, tidak mempunyai kesesuaian diri dengan dunia itu dan seringkali mengalami kegagalan finansial. Pada tahun 1906, keluarga Disney pindah kedaerah Marceline, Missouri, di tanah pertanian yang baru dibelinya. Walt Disney kecil menyukai kehidupan di daerah barunya tersebut. Selain itu, kehidupan di desa tersebut juga menghidupkan rasa sayangnya kepada binatang-bintang yang hidup disekitarnya, seperti bebek, tikus dan anjing. Kelak, ternyata hewan-hean itulah yang mengilhami dirinya danmembuat namanya terkenal. Dari sini, Walt Disney menarik pelajaran berharga yang dia terapkan sepanjang hidupnya, yaitu bahwa:

“KEBAHAGIAAN AKAN TIMBUL DALAM DIRI KITA APABILA KITA MELAKUKAN SESUATU YANG BENAR-BENAR KITA SUKAI”

19 06 2008
Hutton

Somehow i missed the point. Probably lost in translation :) Anyway … nice blog to visit.

Cheers, Hutton!!

30 07 2008
Astrid Reissa Pribadi

Wah, kreatif sekali Walter Elias Disney itu. Karyanya bisa dikenal mayoritas masyarakat di seluruh dunia. Masa masa sekarang ini anak anak banyak yang sangat suka gambar Walt Disney… Sampai sayapun masih tergila gila dengan Disney karena gambarnya yang lucu dan menarik, walaupun saya sudah 12 tahun. Herannya, “Kok bisa menciptakan karya yang dikenang sampai masa kini???” Dari hal itu saya sangat ingin menciptakan hal baru yang mungkin bisa dikenal sepanjang hayat manusia… Dan Insya Allah, generasi generasi kini dapat meniru Walter Elias Disney, Amen…

11 08 2008
Antown

Blognya bagus Mas, sayang kalo nggak diupdate….

Salam Kenal

15 08 2008
agesvisual

Dear Mas Antown

Terima kasih atas supportnya. Updating saat ini memang belum dapat dilakukan, mohon maaf atas keterlambatannya. Maklum masih pake fasilitas internet pas-pasan…kedepannya semoga lebih baik.

7 10 2008
Fransisca Hana

Saya pasti bukan orang pertama yang salut pada seorang Walt…MENAKJUBKAN! Menurut saya Walt juga salah satu pahlawan Amerika karena atas kekreatifannya, ia dapat membuat Amerika menjadi lebih terkenal lewat karya-karyanya. Contohnya, Mickey Mouse yang terkenal diseluruh dunia…
Yah…semoga karya-karya Walt selalu menjadi inspirasi dan motivasi untuk mengembangkan diri dan negara…AMIN.

4 11 2008
Elda Shabrina

Aku adalah penggemar berat Disney!!! Karna Disney adalahh s’galanya untukku…

5 11 2008
agesvisual

Dear Elda Shabrina…

Apakah anda punya koleksi tertentu tentang Disney?…

1 10 2009
Mengenal Animasi « Credox's Blog

[…] Walt Disney […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: