Membuat Video

20 01 2008

Samsung Camcorder VP-DC565WI

Sering melihat video karya orang lain yang dipublikasikan di Internet ataupun disharing antar perangkat pemutar video digital portabel? Ternyata, membuatnya tak sesulit bayangan Anda. Asalkan tahu cara membuatnya dan dengan alat yang tepat.

Pertama Anda memerlukan file video digital yang bisa direkam dengan menggunakan kamera video digital seperti Samsung Camcorder VP-DC565WI dan juga sebuah software penyunting video. Kamera video digital ini dilengkapi dengan CCD 1,3 Mpx DSP7. Mampu menangkap gambar diam dengan resolusi efektif 1,2 MP pada resolusi hingga 1280×960 dan 1600×1200 pada moda interpolasi. Fungsi videonya mampu merekam gambar hingga resolusi 720×480 (NTSC) dan 720×576 (PAL) pada 30fps dengan kemampuan kompresi codec MPEG4.

Camcorder VP-DC565WI mampu merekam video hingga 1 jam dengan menggunakan DVD+R dual layer. Selain itu masih dilengkapi juga dengan 4 in 1 multi memory card slot, yang bisa mendukung memori MS, MS PRO, SD dan MMC, sehingga Anda bisa lebih leluasa merekam video pada media yang Anda inginkan. Teknologi Variable Bit Rate Recording (VBR) memungkinkan Anda mengubah bit rate sesuai kecepatan gerak subjek dan merekam secara lebih efisien pada kapasitas DVD yang terbatas.

Agar hasil pengambilan gambar sesuai untuk format video yang bisa dipublikasikan secara online, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika merekam gambar, yaitu:

Dekati objek
Untuk mendapatkan hasil yang bagus, hindari mengambil gambar dari jarak yang terlalu jauh dan memiliki banyak detail. Hal ini karena video Anda memang diperuntukkan untuk perangkat pemutar video portabel dengan layar yang kecil, sekitar 2-3 inci saja, sehingga perlu fokus pada shot-shot close up. Sebaiknya juga tidak menggunakan moda shooting layar lebar 16:9; karena akan menghasilkan garis hitam di atas dan di bawah gambar, yang akan semakin membuat detail gambar tampak kecil. Gunakan moda standar 4:3.

Berpikir kecil
Jika Anda Ingin menambahkan judul atau keterangan lain dalam bentuk teks dalam video, pertimbangkan untuk memilih variasi ukuran teks yang sesuai, agar tak tampak terlalu kecil dan jadi tak terbaca. Bila tak memiliki peranti lunak khusus untuk transisi gambar dan efek, dan tak ingin menggunakan efek-efek transisi, Anda bisa menggunakan software pengolah gambar biasa, seperti Adobe Photoshop. Buatlah dokumen berukuran 200×200 piksel, desain teks dan mengimportnya ke program penyunting video.

Jaga agar tetap pendek
Durasi film sebaiknya tak terlalu panjang, sekitar 5 menit per episode-nya. Dengan durasi video yang pendek, Anda bisa menghemat waktu download bagi pemirsa dan juga bandwidth Anda. Bahkan setelah dioptimasi untuk pemutar video digital portabel, sebuah film 7 menit masih berukuran sekitar 40MB.

Optimasi video Anda
Beberapa aplikasi penyunting video menyediakan fasilitas optimasi untuk membuat file video Anda layak tayang di pemutar video digital portabel. Pilih format file yang bisa diterima oleh situs hosting video bila Anda berniat mempublikasikannya secara online, dan pilih ukuran custom lebar dan tinggi 320×240 sebelum menyimpan proyek video Anda. Aplikasi secara otomatis akan mengekspor video ke dalam format sesuai dengan setting yang Anda buat. Nah, mudah bukan? Selamat berkreasi!


AddThis Social Bookmark Button


Actions

Information

7 responses

13 02 2008
Guna Rizki

Assalamuallaikum wr.wb

Cukup menarik untuk menambah strategi dalam pengambilan gambar. Tetapi artikel ini kurang menyediakan informasi karakteristik camera dengan segala aspek kelebihan maupun kekurangan yang dimiliki oleh camera tersebut, agar dapat menjadi acuan bagi para pengambil gambar video dalam menentukan dan mengambil suatu objek dengan alat yang akan mereka gunakan agar lebih berkualitas.

Wassalamualaikum.wr.wb

13 02 2008
Dodi Rosadi

Assalamuallaikum wr.wb

Saya juga sering membuat video tapi hasilnya tidak sebagus yang saya inginkan, dan setelah saya membaca artikel ini saya jadi ingin mencoba lagi, isi artikel ini sangat bagus banget buat saya agar bisa mengambil gambar dengan bagus dengan kamera yang saya punya dan dengan kelebihan dan kekurangannya, disini saya tertarik dengan “OPTIMASI VIDEO ANDA” disitu saya baru tau cara agar video yang saya buat bisa layak tayang dipemutaran video digital portable, pasti saya coba untuk membuat video dengan langkah-langkah yang saya dapat di artikrl ini.

Wassalamualaikum.wr.wb

13 02 2008
Kiki Ari Sandi

Membuat video ternyata sangat mudah walau hanya mengunakan camcorder yang biasa-biasa saja, selain itu membuat video harus memiliki cara agar pada saat pengambilan gambar hasilnya memuaskan.Tips-tips yang ada juga sangat memberi referensi untuk saya sehingga ada perbaikan pada saat pengambilan gambar, karena saya sering mendapat kendala pada saat pengambilan gambar video menggunakan camcorder. Selain itu pada saat pengeditan di komputer proses download sangat berat, jadi setelah membaca artikel ini saya ingin mencoba tips-tips yang anda berikan. Perbanyak lagi tips-tips seperti ini dan tambah juga tentang photography.

14 02 2008
Henry K. Siregar

Pembuatan video atau film dengan menggunakan handyCam ternyata susah-susah gampang. Dalam pengambilan gambar mungkin tidak ada masalah lagi, karena telah berkembang dengan pesat macam-macam model handyCam dengan kelebihannya masing-masing untuk memudahkan para penggunanya. Dan setelah membaca blog anda, saya lebih mengerti bagaimana mengolah dan mengemas sebuah video menjadi lebih menarik.

14 02 2008
Reiny Tunianizar Sukaton

Untuk membuat video menggunakan camcorder memang terlihat sangat mudah,hal ini dikarenakan fitur2 yg terdapat pada alat tersebut. Tetapi setelah saya mencoba mempraktekan membuat video dengan camcorder ternyata agak sulit dan merepotkan. Terutama video yang dihasilkan kurang sempurna.

Tetapi setelah saya membaca artikel yg anda buat, saya menjadi tertarik untuk membuat video sesuai dengan langkah2 yg anda rekomendasikan,sehingga menghasilkan video yang bagus dari segi gambar.

3 11 2008
Agam

Wah seru nih bikin video…

3 11 2008
agesvisual

Dear Agam..

Silahkan Mas kalo punya tips-tricks, bagi-bagi disini…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: