Tahukah Perbedaannya?

17 02 2008

Arial, Tahoma, HelveticaHelvetica (yang ditunjukkan dengan warna coklat) telah dikembangkan oleh Max Miedinger untuk The Haas Type Foundry pada tahun 1957 dan pada awal 1960-an menjadi bagian dari para pemakai huruf standar. Arial (yang ditunjukkan dengan warna biru) muncul ketika desktop computers telah dikembangkan oleh para perancang Microsoft pada tahun 1982.

Apakah yang membuat salah satu dari font ini lebih menarik dan lebih legible dibanding yang lain? Dengan berbagai alasan, jawaban dari para desainer hampir dapat dipastikan, font mana yang mereka pilih (karena hampir selalu berpihak pada Helvetica), walaupun Arial kini sudah menjadi sebuah sistem font yang lazim digunakan sebagai default font untuk web pages.

Barangkali ada baiknya kita memiliki pembanding pilihan yaitu Tahoma (yang ditunjukkan dengan warna violet) yang dirancang oleh Matthew Carter untuk Microsoft pada tahun 1996. Tahoma mempunyai x-height yang lebih besar, lebih membatasi bentuk dan teks sebuah kalimat, lebih ketat dalam pengaturan jarak, tampilan Tahoma menjadi daya tarik tersendiri jika menjadi sebuah Font Screen.

Silahkan perhatikan bagaimana Helvetica VS Arial.


AddThis Social Bookmark Button


Actions

Information

5 responses

12 02 2008
Guna Rizki

Assalamu Alaikum Wr. Wb

Wacana ini membahas tentang perbedaan font-font yang tersedia dalam computer dengan segala aspek kelebihan dan kelemahan dari setiap font yang ada. Informasi ini sangat bermanfaat karena membuka wawasan kita tentang pengenalan Typography. Dalamnya penjelasannya terdapat definisi dan karakteristik dari ketiga font yang tersedia didalam wacana ini dan dapat menjadi acuan bagi para desainer grafis dalam pemilihan font yang baik dan benar, dalam perancangan produk-produk desain grafis.

Wassalamualaikum wr.wb

14 02 2008
Zaky Drajat

setiap huruf memiliki karakteristik dan bentuk yang berbeda-beda ini menunjukan bagaimana font itu akan diterapkan dan akan digunakan.
perbedaan karakteristik dari font dapat digunakan seorang designer untuk memperkuat tampilan dari design itu sendiri. design bisa terlihat kuat, kekanak-kanakan, fantasy, dll.
font membuat terciptanya keharmonisan dalam sebuah hasil karya design.

14 02 2008
Dewi Ratih

Typography sangatlah penting untuk dikuasai dan dipahami oleh para desainer grafis. Karena tiap type dan ukuran mempunyai arti dan karakter tersendiri. Sulit untuk mencari sebuah filosofi dari sebuah type jika kita tidak paham tentang typography. Untuk itu, sebagai seorang desainer kita harus mengusai tentang typography. Selamat belajar…

14 02 2008
Khoerunnisa

Typography bagi seorang designer grafis, merupakan salah satu faktor dalam membuat desain. Biasanya typography sering digunakan dalam membuat suatu desain oleh seorang designer grafis berbentuk font tulisan. Karena bagaimana bentuk, ukuran dan jenis huruf dari typography yang digunakan mempengaruhi hasil dari karya seorang designer grafis.

Selain itu masing-masing jenis tulisan mempunyai makna dan fungsi yang berbeda dalam membuat suatu desain. Seperti halnya arial dan comic sans, dalam suatu desain membawa arti yang berbeda dari hasil desain itu sendiri. Jadi menurut saya mempelajari font dalam typography itu sangat penting dan membantu dalam membuat suatu desain.

14 02 2008
Ikhwan Sofwan

Wacana ini sangat membantu bagi graphic designer. Kita dapat menambah pengetahuan mengenai typografi. Seorang graphic designer harus mengetahui penempatan font, tata letak font, serta penyesuaian penggunaan font pada setiap desain project. Berikut ini adalah tambahan dari saya mengenai sejarah terciptanya ketiga font yang tertera pada wacana ini yaitu Helvetica, Arial dan Tahoma.

Helvetica.

Jenis font ini diciptakan oleh Max Miedinger untuk The Haas Type Foundry pada tahun 1957 di Münchenstein, Switzerland. Pada awal diciptakannya font ini disebut Neue Haas Grotesk. Lalu diubah menjadi Helvetica pada tahun 1960 oleh induk perusahaan dari perusahaan Stempel yang bernama Haas’German. Penggantian nama font tersebut dimaksudkan agar dapat sukses di pemasaran internasional.

Arial
Arial muncul ketika desktop computers telah dikembangkan oleh para perancang Microsoft pada tahun 1982. Arial diperkenalkan sebagai Truetype font pada tahun 1990 dan sebagai PostScript font pada tahun 1991. Arial sebagai TrueType font telah dipergunakan sebagai bagian dari Microsoft Windows sejak pengeluaran Windows 3.1 pada tahun 1992.

Arial mempunyai beberapa jenis yaitu:
Arial: Arial (Roman text weight), Arial Italic, Arial Bold, Arial Bold Italic, and Arial Unicode MS
Arial Black: Arial Black, Arial Black Italic.
Arial Narrow: Arial Narrow Regular, Arial Narrow Bold, Arial Narrow Italic, Arial Narrow Bold Italic.
Arial Rounded: Arial Rounded Bold.

Tahoma

Jenis huruf ini dirancang oleh Matthew Carter untuk Microsoft pada tahun 1996. Font Foundry yang menciptakan font ini adalah Carter & Cone. Jenis huruf ini digunkan di Windows 2000, Windows XP,dan Windows Server 2003 (sebagai pengganti MS Sans Serif) Dan juga dipakai di Sega’s Dreamcast dan Facebook.

Demikianlah tambahan mengenai ketiga font tersebut. Semoga bermanfaat.
Terimakasih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: